Tips Sukses Bisnis Rumahan

Bisnis Rumahan

Usaha rumahan menjadi cara alternatif untuk menambah penghasilan serta aktivitas positif bagi ibu rumah tangga. Cara ini menjadi cara terbaik bagi ibu rumah tangga dalam menjalankan semua peran, baik bagi sebagai seorang ibu, istri serta entrepreneurs. Dengan ini tidak perlu mengorbankan anak dan keluarga.

Menjalankan bisnis rumahan tidak termasuk hal yang buruk. Meskipun sekilas terlihat mempunyai peran double, namun banyak yang para ibu rumah tangga yang tertarik dengan bisnis rumahan. Karena dengan bisnis rumahan tidak hanya dapat mengisi waktu luang dan memperoleh penghasilan tambahan.

Semua hal yang diinginkan pun dapat terpenuhi dengan mudah dan tidak terlalu bergantung kepada suami. Selain itu tingkat kemandirian semakin tinggi.

Hal ini pula yang menjadi cara alternatif bagi yang terbiasa bekerja sewaktu lajang. Akan terasa sangat membosankan jika hanya terdiam diri dan duduk manis di rumah.

Tips Menjalankan Bisnis Rumahan

Di samping itu ada beberapa tips dalam menjalankan bisnis rumahan supaya memperoleh hasil yang cukup memuaskan. Tips tersebut antara lain :

1. Pilih usaha dengan modal kecil namun dapat menghasilkan laba yang besar.

Tidak semua usaha rumahan dapat menghasilkan laba yang besar. Sebagai contoh reseller / dropship olshop pakaian, kosmetik, alat rumah tangga, makanan dan lain – lain.

Jika diperhatikan dengan seksama bisnis ini sama sekali tidak mampu menghasilkan laba yang cukup besar, apalagi persaingan yang sangat ketat. Bahkan untuk laba maksimal yang dapat diperoleh dari sebuah produk pun tidak lebih dari 10.000 IDR, ada pula yang hanya dapat menghasilkan laba di bawah 5.000 IDR.

Hanya saja tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga, hal yang perlu dilakukan hanya promosi. Kemudian menunggu konsumen.

Sedangkan untuk contoh dari usaha dengan modal kecil tetapi dapat menghasilkan laba besar yaitu produksi makanan sendiri, permak, laundry, kerajinan dan lain sebagainya. Usaha ini menjadi salah satu usaha yang dapat menghasilkan laba berlipat ganda dengan hasil yang memuaskan. Namun konsekuensinya harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk produksi.

2. Membuat susunan to do list

To do list menjadi sangat penting di dalam bisnis rumahan dengan aplikasi BukuKas. Aplikasi ini sangat berguna untuk mengetahui pesanan konsumen yang harus dikerjakan dalam seketika. Meskipun hanya bisnis kecil – kecilan, tetap saja tidak boleh menyepelekan konsumen begitu saja. Karena konsumen menjadi hal utama bagi kelangsungan bisnis rumahan.

3. Manage keuangan dengan BukuKas

Laba hasil dari bisnis rumahan tidak seharusnya dicampur. Hasil laba memang telah menjadi hak milik, tetapi ada kalanya harus memisahkan antara kas dan uang pribadi. Kas dalam laba nantinya digunakan kembali untuk modal. Sedangkan uang pribadi dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan.

Itulah 3 buah tips untuk sukses menjalankan usaha rumahan. Hal yang perlu diingat yaitu walaupun BukuKas seolah merupakan aplikasi khusus untuk akuntansi bisnis, tetapi dapat pula digunakan untuk mengelola keuangan rumah tangga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *