Tips Menjaga Kesehatan Tubuh dimasa Pandemi

Menjaga Kesehatan Tubuh

Keadaan saat ini, menguji kita agar dapat lebih peduli dengan kesehatan. Meningkatkan imunitas tubuh harus kita utamakan agar kesehatan tubuh juga membaik. Jika fisik kita sehat, maka jiwa kita juga akan menjadi lebih kuat.

Menjaga kesehatan tubuh sangat perlu agar kita terhindar dari virus. Imunitas tubuh wajib dijaga sebaik mungkin agar tidak mudah terserang penyakit. Daya tahan tubuh atau sistem imun yang baik akan melindungi kita saat pertama kali kuman masuk ke dalam tubuh.

Berbagai penyakit akan mudah menular jika imunitas kita lemah, dan bukan tidak mungkin awalnya keadaan tubuh sedang sehat dan fit, lalu mendadak bisa jatuh sakit. Nah, itu kenapa kita harus semangat dalam meningkatkan imunitas dan menjaga kesehatan tubuh dengan memulainya dari diri sendiri.

Upaya pemerintah untuk mendatangkan vaksin sinochem dengan jumlah yang cukup banyak kini sudah menemukan titik terang. vaksin corona yang sedang di uji klinis di Indonesia ini diharapkan bisa memutus rantai penyebaran dan menyudahi masa pandemi ini.

Dimasa pandemi seperti sekarang ini, menjaga imunitas tubuh merupakan hal utama yang harus diperhatikan. Beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga imunitas tubuh diantaranya.

Konsumsi air putih

Cukupkan aktifitas satu hari penuh dengan konsumsi air putih. Usahakan untuk konsumsi air putih minimal 6-8 liter sehari. Dengan konsumsi air putih yang cukup, tubuh akan terhindar dari dehidrasi. Awali hari dengan konsumsi air putih dan biasakan untuk selalu konsumsi air putih bahkan sebelum tubuh merasa haus.

Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C

Banyak kandungan vitamin dan mineral yang hanya bisa didapatkan dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu ada sayur dan buah dan menu makanan sehari-hari. Sayur dan buah favorit dapat dikonsumsi langsung ataupun diolah sesuai dengan selera. Apapun penyajiannya, pastikan untuk konsumsi dengan bahagia dan tidak ada rasa terpaksa.

Agar kesehatan tetap terjaga selama kondisi seperti saat ini, kamu sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, lemon, pepaya dan lain sebagainya. Vitamin C ini penting karena mampu meningkatkan imunitas tubuh. Bila daya tahan tubuh Anda kuat, penyakit ringan seperti flu dan pilek tidak mudah menyerangmu.

Rutin olahraga

Kebiasaan baik lainnya yang mampu meningkatkan imunitas tubuh adalah rutin berolahraga. Hanya sekitar minimal 10-30 menit sehari, sudah cukup untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Pilihlah jenis olahraga yang sesuai dengan kebutuhan dan pastikan untuk melakukannya dengan tidak terpaksa. Jika merasa cukup Lelah atau kurang fit, jangan paksakan diri dan lakukan olahraga yang ringan saja.

Istirahat yang cukup

Walaupun rutin mengkonsumsi vitamin dan olahraga, kamu juga harus benar-benar beristirahat dengan cukup. Rata-rata orang dewasa membutuhkan waktu sekitar 7-8 jam setiap harinya untuk istirahat. Lain hal dengan anak-anak yang dimana waktu tidur yang idel adalah 10 jam atau lebih. Selalu pastikan kalau jam istirahatmu benar-benar terpenuhi dengan baik agar daya tahan dan kesehatanmu tetap terjaga

Kendalikan stres

Mungkin dapat kamu anggap remeh, tetapi stres sangat berkaitan dengan sistem imun tubuh. Misalnya, stres yang berkepanjangan dapat meningkatkan peradangan didalam tubuh. Tentu saja itu akan membuat tubuhmu melemah dan imunitas berkurang. Hal yang harus kamu lakukan adalah mencoba mengendalikan stres seperti berolahraga ringan, meditasi, tidur dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *