Tips Agar Tak Bingung Beli Oleh-Oleh Saat Traveling

Kalau Anda berpergian ke luar kota atau ke luar negeri, biasanya membeli oleh-oleh untuk keluarga atau teman-teman Anda. Buat yang bekerja di kantor, biasanya suka dititipi atau dimintai oleh-oleh sama teman kantor.

Namun beberapa orang terkadang bingung dalam memilih oleh-oleh untuk teman dan keluarga. Entah itu mengenai berbentuk benda, makanan, pajangan, atau yang lainnya. Membeli oleh-oleh untuk teman atau keluarga tidak bisa sembarangan.

Hal paling penting yang harus diingat adalah oleh-oleh yang akan dibeli harus khas dari tempat kalian travelling. Tentu akan aneh rasanya, kalau Anda membeli bakpia saat traveling ke Bali, atau juga membeli Tape saat liburan ke Bandung.

Ada lima tips mencari atau membei oleh-oleh untuk teman atau orang terdekat kita di rumah.

Siapkan Dana

Yang paling utama dan terpenting adalah masalah bujet atau dana. Jangan sampai memaksakan diri membeli oleh-oleh yang mahal kalau kondisi bujet Anda tidak mencukupi. Sebaiknya Anda sesuaikan bujet dengan harga oleh-oleh yang akan dibeli.

Anda juga tidak boleh lupa menghitung berapa orang yang akan Anda beri oleh-oleh nantinya. Selain itu, sebaiknya sesuaikan oleh-oleh yang di beli dengan masing-masing orang di rumah atau teman di kantor, atau pilih jenis oleh-oleh yang bisa diterima semua orang.

Misalnya Anda bisa membeli gantungan kunci, tempelan kulkas, dompet, kain dan tas kecil sebagai oleh-oleh, karena lebih umum dan biasanya harganya lebih terjangkau.

Tanggal Kedaluwarsa

Kalau membeli oleh-oleh berupa makanan, masalah tanggal kedaluwarsa adalah poin terpenting. Anda dapat dapat mengecek tanggal kedaluwarsanya dengan melihat pada masing-masing bungkus makanan.

Hindari memilih makanan yang telah lama diproduksi, apalagi kalau tanggal kedaluwarsasanya sudah sebentar lagi. Jika memang makanan tersebut tanpa pengawet, coba ambil saja yang baru dibuat dan masih hangat.

Ukuran dan Berat

Selain soal dana, Anda juga perlu mempertimbangkan ukuran dan berat oleh-oleh, terutama jika naik transportasi umum seperti bus, kereta, atau bahkan pesawat. Anda tentu tahu, saat kita naik pesawat ada berat maksimal untuk bagasinya.

Jadi, kalau bisa hindari membeli oleh-oleh yang terlalu berat jika Anda tidak ingin dikenakan biaya tambahan. Namun jika Anda sudah terlanjur membeli oleh-oleh dalam jumlah banyak, cobalah kirim via pos saja.

Anda bisa langsung memasukkan alamat rumah orang yang dituju, atau dialamatkan ke rumah Anda. Kalau memang barang tersebut berukuran super besar, pakailah jasa kirim barang yang sudah terpercaya.

Pengemasan

Setelah Anda membeli oleh-oleh, membungkusnya merupakan hal yang tidak kalah penting. Di beberapa toko oleh-oleh memang sudah tersedia boks atau kardus pembungkus supaya oleh-oleh tidak tercecer.

Anda tentu tidak ingin oleh-oleh yang Anda beli malah hancur sebelum sampai ke rumah.Baik dalam bentuk benda, makanan, maupun bentuk lainnya, sebaiknya dibungkus dengan baik supaya tidak rusak. Hal ini sangat penting terutama untuk Anda yang naik transportasi umum.

Jika Anda naik pesawat, maka bedakan mana yang akan dimasukkan bagasi dan mana yang akan dibawa ke kabin pesawat. Untuk lebih aman, disarankan semua jenis makanan baiknya dibawa dalam kabin.

Banyak Disukai

Agar nanti saat Anda memberikan oleh-oleh pada orang-orang terdekat mereka merasa senang, sangat di sarankan untuk membeli buah tangan sesuai dengan kesukaan mereka.

Contohnya, adik Anda sangat suka dengan baju warna pink, maka Anda bisa mencari oleh-oleh untuk dia baju atau pakaian yang berwarna pink. Untuk makanan, sebaiknya beli makanan khas dari daerah atau tempat yang Anda datangi dan kira-kira akan disukai banyak orang.

Misalnya, penganan berbahan dasar tempe, kerupuk, pisang atau yang manis-manis seperti permen dan cokelat. Kalau bisa, Anda buat daftar barang yang akan kira-kira akan dibeli untuk oleh-oleh sebelum melakukan perjalanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *