Memperingati 40 Tahun Sony Walkman

Jauh sebelum iPod booming sebagai pemutar musik populer paling populer, Sony ternyata sudah lebih dulu melakukannya. Perusahaan asal Jepang itu hadir dengan pemutar musik portabel yang diberi nama Walkman.

Pertama kali diperkenalkan pada 1 Juli 1979, Walkman kini sudah menginjak usia 40 tahun. Walkman berhasil membawa perubahan besar dalam hal cara orang mendengarkan musik.

Hadir pertama kali sebagai pemutar kaset portabel, pendengar dapat menggunakan Walkman secara portabel dan didengarkan sendirian. Berbeda dari pemutar kebanyakan yang memanfaatkan speaker untuk menghasilkan suara.

Walkman sendiri bukan produk pertama yang menawarkan konsep pemutar musik portabel, sebab masih ada pabrikan asal Jerman yang merilis Stereobelt.

Namun, Sony Walkman tetap menarik perhatian publik karena dibanderol lebih terjangkau dan ringkas, berbeda dari Stereobelt yang berukuran besar dan mahal.

Kepopuleran dan penjualan Walkman pun terbilang baik, meski sudah masuk ke era compact disc (CD). Ketika itu, Sony meluncurkan inovasi baru bernama Walkman II yang berukuran lebih ringkas dari generasi sebelumnya.

Pada 1984, Sony meluncurkan Discman dan membuat perusahaan berada dalam daftar teratas sebagai salah satu pemain utama di dunia musik portabel.

Akan tetapi, kehadiran iPod dan musik digital pada 2001, membuat penjualan Walkman turun. Kini di usia ke 40, Sony turut mengikuti perkembangan zaman dengan merilis Walkman yang mendukung format digital.

Sony Pamer Deretan Walkman

Bertepatan dengan ulang tahun ke-4o, Sony juga melakukan eksibisi di Jepang. Bertempat di Ginza, Tokyo, eksibisi ini diberi nama #009 Walkman in the Park.

Dalam eksibisi ini, Sony menampilkan lebih dari 230 model Walkman di media bernama ‘Walkman Wall’.

Sementara bagian lain dari eksibisi ini diberi nama ‘My Story, My Walkman’, yang berisi deretan lagu pilihan dari selebritis setiap tahu sepanjang sejarah produk tersebut.

“Walkman merupakan perwakilan paling kuat dari perusahaan, dan produk ini sudah membentuk merek Sony sebagai sesuatu yang unik, kreatif, dan inovatif,” tutur President Sony Enterprise Daisuke Nagano.

Sony Rilis Walkman Edisi Khusus Bertema Kingdom Hearts

Tahun ini, Bersamaan dengan peluncuran Kingdom Hearts III, Sony turut merilis Walkman edisi khusus bertema gim tersebut.

Dalam edisi khusus ini, Sony merilis Walkman dengan balutan warna abu-abu dan kehadiran gambar Sora yang duduk di singgana di bagian belakang.

Dikutip dari Slashgear, Walkman edisi khusus ini sebenarnya bukan model baru. Model walkman yang digunakan adalah NW-A55 dengan spesifikasi yang sama dengan model standar.

Perangkat ini memiliki memori internal 16GB dan dapat diperluas dengan microSD. Walkman juga mendukung file audio berkualitas tinggi, NFC, dan bluetooth.

Selain walkman edisi khusus, Sony juga memperkenalkan headphone nirkabel WH-H800 h.ear on 2 edisi khusus Kingdom Hearts.

Namun berbeda dari walkman, headphone ini mengambil desain dari simbol Kingdom Hearts, seperti keyblade, kepala Mickey Mouse, dan hati.

Adapun banderol harga dari masing-masing perangkat tersebut adalah 28.880 yen (Rp 3,6 juta) untuk walkman dan headphone dijual 24.880 yen (Rp 3,1 juta).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *