Hati-hati dengan Diabetes Karena Bisa Menyebabkan Komplikasi

Diabetes

Ketika kadar gula dalam darah tinggi, maka bisa jadi Anda menderita penyakit diabetes. Dari kadar gula yang berlebih tersebut, tubuh akan merasakan banyak sekali perubahan hingga akhirnya kesehatan tubuh kita melemah. Tak jarang pula diabetes membawa komplikasi yang membuat langkah mempercepat penyembuhan luka diabetes jadi semakin sulit. Terutama pada diabetes tipe 1, salah satu tipe diabetes yang bisa mengancam anak muda.

Hipoglikemia

Selama ini, diabetes dikenal sebagai penyakit yang disebabkan oleh kadar gula berlebih dalam darah kita. Penyakit ini biasanya terjadi karena pasokan hormon insulin yang terganggu hingga singkatnya membuat kadar gula dalam darah jadi meningkat. Tapi, salah satu komplikasi yang dialami oleh penderita diabetes tipe 1 adalah hipoglikemia atau kekurangan kadar gula dalam darah.

Hipoglikemia bisa menjadi salah satu komplikasi penderita diabetes tipe 1 karena suntikan insulin yang diberikan secara berlebihan. Kadar insulin yang berlebih bisa menghambat penyerapan gula dalam darah hingga akhirnya kadar gula dalam darah pun menjadi kurang. Selain itu, komplikasi ini juga bisa terjadi karena kurangnya asupan karbohidrat atau aktivitas olahraga yang dilakukan secara berlebihan.

Penyakit jantung

Darah yang mengalir ke tubuh kita mengantarkan berbagai nutrisi yang kita konsumsi sehari-hari. Saat kadar gula dalam darah terlampau tinggi, maka sistem kerja organ tubuh akan terganggu dan mengakibatkan terjadinya komplikasi. Salah satu anggota tubuh yang akan terdampak oleh kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi adalah jantung.

Komplikasi diabetes tipe 1 berupa serangan jantung merupakan hal yang tidak dapat dihindarkan. Sebab, jantung merupakan anggota tubuh yang berguna untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Peran besarnya tersebut tentu akan terdampak apabila kadar gula dalam darah tubuh kita terlalu tinggi. Oleh karena itu, selalu atur pola makan agar tidak berlebihan dan mencegah terjadinya komplikasi pada bagian jantung tubuh kita.

Itulah 2 komplikasi yang bisa terjadi kepada para penderita diabetes tipe 1. Untuk mengatasi berbagai komplikasi diabetes, siapkan selalu obat-obatan yang dibutuhkan dirumah. Seperti obat mertigo sr di goapotik. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *