Dokter Hermina: Cara Pijat Bayi, Senam Hamil dan Senam Nifas

Cara Pijat Bayi

Rumah Sakit Hermina merupakan salah satu RSIA Hermina Jatinegara yang awalnya bernama Ruma Bersalin Djatinegara dan didirikan oleh prakarsa Ibu Hermina Sulaiman. Tahun 1970 bekerjasama dengan Dr. Budioni Wibowo sebagai dokter Hermina yang spesialis dalam kandungan dan kebidanan sehingga mengembangkan pelayanan menjadi 13 tempat tidur dan mengganti namanya menjadi RB Hermina dan tahun 1983 terbentuklah yayasan hermina. Yayasan hermina mengajukan ijin untuk mendirikan Rumah Bersalin Hermina tahun 1985 dan mendapatkan peresmian nama RSB Hermina tahun 1985. Lalu penambahan lahan dan bangunan ditahun 1991 membuat RSB Hermina dikembangkan menjadi RSIA Hermina dan mengupayakan pelayanan dari tahun 1996 dan mendirikan 29 cabang rumah sakit.

Salah satu fasilitas yang diberikan oleh RS Hermina adalah kursus pijat bayi, senam hamil dan senam nifas. Rangkaian bayi spa dilakukan untuk pemijatan fisioterapi dan hal ini dapat dilakukan di rumah karena akan membuat bayi lebih rileks dan meningkatkan kedekatan antara ibu dan anak melalui sentuhan dari ibu. Pijatan ibu dilakukan ketika memandikan bayi dan menjamin pertumbuhan bayi yang lebih ceria dan mendukung waktu tidur yang berkualitas. Untuk melakukan pijatan maka persiapkan baby oil, minyak telon dan baby lotion dan pastikan tidak memberikan reaksi alergi dan menyiapkan handuk yang lembut.

Berikut adalah cara memijat bagian dari wajah bayi:

  • Menekan jemari dari tenaga kening bayi mengarah ke bagian pelipis dan pipi.
  • Pijat daerah bagian atas alis dengan dua ibu jari.
  • Berikan tekanan yang lembut dengan ibu jari lalu tarik dari hidung menuju pipi bayi.
  • Pijat sekitar mulut bayi dengan ibu jari lalu buatlah gerakan menarik bibir untuk membuatnya tersenyum.
  • -Berikan pijatan lembut pada rahang bayi, arahkan dari tengah menuju samping sehingga membuat bentuk senyum yang sempurna.

Lalu pijat bagian dada bayi dengan meletakkan kedua tangan diatas dada lalu menggerakkannya keatas dan ke samping lalu ke bagian tengah dengan bentuk hati. Lalu dari tengah buat arah menyilang menggunakan telapak tangan menuju area arah bahu. Selain untuk bayi, senam untuk ibu hamil perlu dilakukan terutama jika niat untuk melakukan persalinan secara normal. Dapat melakukan senam kegel untuk menguatkan bagian otot panggul dan memudahkannya ketika proses kelahiran. Senam jongkok untuk memperlancar dan menguatkan paha dan panggul ketika bersalin. Melakukan pose tailor untuk mengurangi rasa sakit punggung yang sering dialami oleh ibu hamil.

Senam nifas merupakan senam yang dilakukan ketika melahirkan dan mempercerpat pemulihan dari ibu hamil. Berikut adalah manfaatnya:

  • Memulihkan kondisi otot pada area panggul dan perut.
  • Membuat stamina dan energi yang meningkat.
  • Membantu untuk penurunan berat badan.
  • Meningkatkan kadar hormon endorphin sehingga ibu akan lebih bahagia.
  • Stres lebih berkurang.
  • Bebas dari rasa nyeri dan pegal.
  • Memperbaiki kekuatan tulang.
  • Tidur lebih nyenyak.
  • Menjadi pendamping untuk pengobatan dari gejala depresi setelah melahirkan.
  • Membantu untuk menghentikan inkontinensia urine.

Dokter Herminamengarahkan kursus senam nifas dengan melakukan langkah pertama adalah mengetahui otot yang digunakan dalam latihan. Otot ini digunakan ketika menahan pipis dan pastikan otot perut tetap rileks dan jangan mengejan atau menahan napas. Lalu perlahan gunakan otot untuk menahan pipis dan mengetatkan otot sehingga akan berkontraksi sekuat mungkin dan ditahan dalam waktu 5 hingga 10 detik dan ibu akan mengurangi tekanan selama 10 kali. Variasi lainnya dengan berdeham atau batuk selama 3 kali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *