Dampak Buruk Jika Luka Diabetes Tidak Segera ditangani

Luka Diabetes

Luka diabetes yang diterima oleh pasien harus segera mendapatkan penanganan yang tepat supaya luka tersebut tidak menyebar di anggota tubuh yang lain. Luka diabetes yang semakin parah, maka mau atau tidak mau pasien harus menjalani amputasi. Semua penderita diabetes tentu tidak ingin apabila harus kehilangan anggota tubuhnya yang disebabkan karena keterlambatan dalam penanganan luka diabetes.

Salah satu penyebab dari luka diabetes yang sulit disembuhkan yaitu karena kadar gula darah yang terlalu tinggi. Dalam kondisi inilah maka sirkulasi darah berada dalam kondisi yang sangat buruk. Dengan hal ini maka sirkulasi darah menjadi buruk dan menghambat aliran darah yang menuju ke kulit. Sementara darah ke kulit sangat dibutuhkan dalam mengobati luka.

Untuk mengetahui alasan luka diabetes lebih sulit di sembuhkan, Anda bisa menyimak penjelasan melalui situs https://www.guesehat.com/cara-mengobati-luka-pada-pasien-diabetes. Berikut ini adalah beberapa dampak buruk yang akan terjadi apabila luka diabetes tidak segera ditangani, yaitu:

1. Sebagian anggota tubuh mengalami mati rasa

Memang dapat menimbulkan kompilasi yang mana hal ini menimbulkan adanya kerusakan pada saraf. Hal buruk yang terjadi apabila luka diabetes tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat maka penderita akan mengalami mati rasa di sebagian tubuhnya terutama pada bagian tubuh yang mengalami luka. Meskipun pasien tidak merasakan rasa sakit namun penderita akan menyadari pada saat lukanya sudah memburuk akibat adanya infeksi.

2. Pembuluh darah arteri mengalami penyempitan

Pembuluh darah arteri akan mengalami penyempitan pada luka diabetes jika dibiarkan begitu saja. Sementara untuk pembuluh arteri yang mengalami penyempitan sudah pasti suplai darah pada bagian tubuh yang mengalami luka menjadi terhambat. Jika hal ini terjadi maka bisa menimbulkan infeksi pada luka yang semakin parah. Sehingga untuk proses penyembuhannya pun juga akan lebih sulit.

3. Imunitas tubuh menjadi lemak

Jika dibandingkan dengan penderita lain, untuk penderita diabetes ini berpotensi mempunyai kekebalan tubuh yang lemah atau tidak optimal seperti orang sehat pada umumnya. Kondisi kekebalan tubuh yang melemah maka akan lebih mudah terserang bakteri dan kuman masuk. Sehingga hal ini bisa menimbulkan adanya infeksi pada luka. Meskipun luka sekecil apapun namun infeksi dapat menyerang nya.

Luka pada diabetes yang dibiarkan terbuka cenderung beresiko terserang infeksi bakteri dan jamur lebih tinggi. Sekecil apapun luka diabetes yang diderita oleh pasien maka sangat disarankan untuk segera mengobatinya. Untuk mempermudah informasi yang berhubungan dengan luka diabetes Anda bisa mencaritahunya melalui www.guesehat.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *