Cara Penyajian yang Tepat untuk Menikmati Bir

Guinness pint

 

Selain kopi dan teh, bir merupakan salah satu minuman beralkohol yang menjadi favorit masyarakat di seluruh dunia. Bir Guinness pint sendiri merupakan minuman beralkohol yang diproduksi melalui proses fermentasi bahan berpati tanpa melalui proses penyulingan setelah fermentasi.

Banyak orang yang suka bir akan tetapi langsung asal minum saja. Padahal ada tata cara minum bir sebelum dimasukan ke gelas. Seperti dikutip dari beberapa sumber, berikut tata cara penyajian yang tepat sebelum minum bir.

1. Siapkan gelas

Untuk penyajian gelas saat minum bir, biasanya yang digunakan jenisnya snifter glass karena cocok untuk mencium aroma bir yang ada di dalam gelas.

2. Pilih bir yang diinginkan

Kebanyakan rasa bir adalah pahit dan asam, namum sebuah perusahaan bir membuat varian rasa baru dengan membuat bir dengan rasa buah. Kali ini, buah yang dipilih adalah leci dan rasanya pun manis.

3. Tuangkan ke dalam gelas.

Setelah memilih bir yang diinginkan, jangan langsung kita tuang ke gelas, tapi sentuh dulu gelasnya, kemudian dituang ke dalam gelas. Pastikan bir pada suhu lima derajat. Karena kalau terlalu hangat juga nggak baik. Terlalu dingin juga. Miringkan gelas 40 derajat. Setelah setengah penuh, langsung ditegakkan.

4. Cium aroma bir.

Sebelum diminum, cium aroma bir, setelah itu goyangkan gelasnya sedikit.

5. Siap dinikmati.

Tahap ini yang paling ditunggu karena kamu langsung menikmati langsung birnya.

Langkah Penyajian Terbaik

1. Rinse atau yang disebut dengan teknik mencuci gelas. Teknik mencuci ini menggunakan dua wadah khusus. Gelas tidak dicuci dengan cara biasa. Selama proses pencucian, bibir dan bagian dalam gelas tidak boleh tersentuh tangan sama sekali.

2. Pour, atau teknik menuangkan bir. Saat gelas diisi bir, posisi gelas membentuk sudut 45 derajat.

3. Skim, atau teknik meratakan busa

4. Check, atau teknik memastikan tinggi busa. Didalam gelas Heineken terdapat logo bintang yang bisa dijadikan patokan bagi bartender dalam menentukan tinggi busa

5. Serve, atau teknik penyajian. Menurut Erik, logo bintang yang ada di gelas Heineken menghadap ke arah konsumen.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *