6 Jenis Mesin Canggih yang Digunakan di Bidang Pertanian Indonesia

Mesin Canggih

Indonesia lebih dikenal sebagai negara agraris dengan tanah yang subur, sehingga banyak masyarakatnya yang berprofesi sebagai petani. Nah, untuk mendukung hasil pertanian semakin lebih optimal, maka diperlukan alat pertanian modern untuk mempermudah kerja petani Indonesia. Bagi kamu yang penasaran dengan alat pertanian modern, berikut jenis peralatan modern yang banyak digunakan di Indonesia.

1. Traktor

sumber : truck-us.com

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya traktor. Salah satu mesin pertanian ini digunakan untuk mengolah tanah sebelum ditanami. Jika dulunya para petani memanfaatkan kerbau untuk membajak sawahnya, dengan adanya traktor, maka proses mengolah tanah menjadi lebih mudah dan lebih cepat.

Traktor sendiri memiliki dua jenis. Kedua jenis traktor memiliki fungsi yang berbeda sesuai dengan tanah yang akan diolah. Traktor dengan roda rantai biasanya digunakan pada tanah yang berlumpur, sedangkan traktor dengan roda dua biasanya digunakan untuk kondisi tanah yang kering.

2. Mesin Pengolah Tanah

sumber : web.ipb.ac.id

Sebelum tanah ditaburi dengan bibit, ada baiknya tanah diolah terlebih dahulu untuk mempermudah proses penanaman dan pertumbuhan bibit. Secara umum, pengolahan tanah dimulai dari proses penggemburan tanah hingga membuat parit untuk mengatur aliran air.

a. Rotavator : mesin ini digunakan untuk merapikan dan membolak-balik tanah.
b. Kultivator : digunakan untuk menyiangi tanaman
c. Garu Sisir : digunakan untuk membuat tanah menjadi lebih gembur
d. Garu piring : digunakan untuk membersihkan rumput
e. Bajak Subsoil : digunakan untuk membuat parit di sekitar media tanam.

3. Mesin Tanam

sumber : youtube.com

Untuk mempermudah petani dalam menanam, mesin tanam otomatis akan membantu menyebarkan benih maupun bibit ke dalam tanah. Alat pertanian modern ini memiliki tujuan agar perkembangan dan pertumbuhan benih menjadi lebih optimal. Selain itu, dengan menggunakan mesin tanam dapat mempercepat kerja petani dalam memperluas garapan.

4. Mesin Penabur Pupuk dan Pengendali Hama

sumber : niagakita.com

Agar tanaman yang ditanam semakin subur, maka tanaman memerlukan nutrisi yang berasal dari luar tanah. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pemupukan. Jika lahan pertanian cukup luas, menggunakan mesin penabur pupuk akan lebih efektif dan efisien untuk merawat tanaman.

Selain menaburkan pupuk, merawat tanaman dari serangan hama juga diperlukan agar tidak terjadi kegagalan panen. Menggunakan semprotan dengan spektrum yang lebih luas dapat membantu mengendalikan hama yang ada di sawah. Selain itu, menggunakan mesin pengendali hama juga dapat melindungi diri dari risiko paparan pestisida yang dapat membahayakan tubuh.

5. Mesin Irigasi

sumber : pinterest.com

Agar tanaman yang ditanam dapat tumbuh lebih optimal, maka diperlukan sistem pengairan yang baik. Dengan adanya sistem irigasi yang baik akan membantu tanaman memperoleh cairan untuk proses pertumbuhannya. Di Indonesia sendiri mesin irigasi digunakan untuk membantu petani dalam menyiram tanaman.

Mesin ini dirancang untuk menyebarkan air ke seluruh wilayah sawah atau kebun. Dengan adanya mesin irigasi ini, maka semua tanaman bisa memperoleh air dengan lebih optimal.

6. Mesin Pemanen

sumber : kompas.com

Untuk membantu petani dalam memanen hasil pertanian, maka diperlukan mesin khusus yang dapat dengan mudah memanen hasil pertanian secara lebih cepat. Selain dapat menghemat tenaga, menggunakan mesin pemanen otomatis juga dapat menghemat biaya tanpa harus membayar petani lain untuk membantu memanen hasil pertanian.

Dengan adanya alat pertanian modern dapat membantu petani menghasilkan hasil pertanian yang lebih optimal. Nah, bagaimana kondisi pertanian di tempat kamu? Apakah masih menggunakan peralatan tradisional atau sudahkah menggunakan peralatan yang lebih modern?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *