4 Tanaman Herbal yang Efektif Sembuhkan Masuk Angin

Tanaman Herbal

Semua orang pasti pernah merasakan keluhan tubuh pegal-pegal, muncul keringat dingin, meriang, pusing atau mual yang menjadi ciri masuk angin. Ada berbagai penyebab masuk angin seperti penurunan sistem kekebalan tubuh, stress berlebihan, efek perubahan cuaca tak menentu, dan lain-lain. Selain konsumsi Tolak Angin tablet, masyarakat Indonesia banyak yang menggunakan resep tradisional untuk mengobati masuk angin.

Apa saja? Simak tanaman herbal yang efektif sembuhkan masuk angin berikut!

1. Jahe

Jahe telah lama dipercaya untuk mengatasi keluhan masuk angin. Senyawa oleoresin atau lebih dikenal dengan sebutan gingerol dan antioksidan menjadi kandungan jahe yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Anda hanya perlu merebus jahe yang telah dimemarkan dengan segelas air, lalu tuangkan madu alami atau gula merah dan nikmati ramuan herbal saat hangat. Jika Anda tipe orang yang sibuk, bisa konsumsi Tolak Angin tablet yang praktis dan mengandung jahe yang efektif sembuhkan masuk angin.

2. Kencur

Kencur juga sering digunakan sebagai ramuan tradisional untuk meringankan gejala masuk angin yang menyiksa. Kandungan minyak atsiri, pati, mineral, dan senyawa lain yang ampuh atasi meriang. Ambil satu ruas jari kencur, hancurkan dan seduh dengan air yang diberi garam sedikit. Minum dua kali sehari sebagai upaya menjaga tubuh dari gangguan masuk angin yang mengganggu produktivitas harian.

3. Lempuyang

Lempuyang memiliki rasa yang cukup pahit dan sering digunakan sebagai jamu tradisional untuk meningkatkan imun tubuh. Cukup bersihkan satu rimpang lempuyang dan tumbuk halus agar bisa diambil perasan airnya. Minum hasil perasan yang dicampur air hangat untuk meringankan gejala masuk angin.

4. Temulawak

Iris rimpang temulawak dan keringkan lebih dahulu, ya! Tumbuk temulawak kering agar menjadi serbuk yang bisa diseduh dengan segelas air hangat. Dijamin kandungan minyak atsiri, kurkumin dan xanthorrhizol bisa menjaga sistem kekebalan tubuh Anda dan keluarga.

Kini Anda tidak perlu bingung dengan cara mengatasi gejala masuk angin. Cukup siapkan rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu masak atau jamu tradisional di rumah. Kalau Anda ingin cara atasi masuk angin yang lebih praktis, siapkan Tolak Angin tablet yang bisa dikonsumsi kapan saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *